Entri Populer

Kamis, 12 April 2018

Kita Ini Ibaratkan Pelangi

Sumber gambar : pamarta.blogspot.com
Setiap saat kita selalu bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain dalam kehidupan ini. Entah ketika kita pergi ke kantor, sekolah, maupun ke tempat lainnya. Hal ini disebabkan kita adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Sangat mustahil di dunia ini kita sanggup hidup sendiri tanpa bantuan siapapun. Oleh karena kita adalah makhluk sosial, maka timbullah interaksi antar sesama.

Interaksi yang terjalin pun harus berjalan dengan lancar. Agar kita dapat melakukan komunikasi dengan baik terhadap orang lain. Namun, tidak jarang interaksi yang dilakukan bisa berjalan tidak lancar. Kadang-kadang di setiap interaksi yang terjadi, kita menemui kendala. Kendala tersebut bisa karena kita tidak mampu menyesuaikan diri, atau karena banyaknya karakter yang dimiliki oleh orang lain yang kita temui. Sehingga, membuat kita kesulitan dalam menyatukan visi dan menyampaikan maksud dari apa yang ingin kita komunikasikan. 

Tahukah kamu? Bahwa dengan adanya perbedaan karakter pada setiap diri orang lain adalah ibaratkan pelangi yang indah dipandang saat warna-warna yang berbeda mau mengalah demi kesatuan. Coba bayangkan, jika semua orang mempertahankan egonya masing-masing? Karena setiap orang yang satu dengan lainnya berbeda karakter. Karakter si A bisa jadi memiliki ego sekian persen, misal 20%.  Sementara karakter si B tingkat keegoisan 50%, bahkan si C lebih parah lagi dengan tingkat keegoisan 100%. Wah, bisa-bisa semua harus sesuai dengan keinginannya tanpa mau memperdulikan orang lain.

Apa yang dapat kita lakukan agar perbedaan warna yang ada tersebut bisa bersatu dan terlihat indah saat dipandang? Yaitu simple dengan saling menghormati dan menghargai orang lain. Kita tahu bahwa setiap orang itu tidaklah sama. Sebab masing-masing memiliki kepala yang berbeda dan karakter yang berbeda. Akan lebih indah jika kita mampu mengalah dengan tidak terlalu egois terhadap orang lain. 

Seperti halnya pelangi yang terdiri dari 7 warna, mejikuhibiniu. Yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Jika saja warna merah berdiri sendiri, maka pelangi tidak akan lagi indah karena tidak memiliki gradasi warna. Hanya merah polos dan monoton. Begitu juga dengan warna yang lainnya. Ketika ke-7 warna tersebut menyatu, gradasi warnanya sangat indah, yang disebut dengan pelangi.

Sudah seharusnya kita dapat menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih dalam kehidupan di mana kita dituntut untuk selalu berinteraksi dengan orang lain yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Mari kita kurangi ego masing-masing dan mencoba untuk selalu menghormati dan menghargai orang lain. Karena setiap orang itu tidak sama. Mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sudah sepatutnya kekurangan orang lain kita lengkapi begitu juga sebaliknya. Jangan ingin menang dan terlihat hebat sendiri dengan tidak mau menghormati dan menghargai orang lain. 

Ayo, jadilah seperti pelangi yang indah dipandang meskipun berbeda warna.


#30DWCJilid12 #Day22

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan di coment yah,,,,
Tapi harus memenuhi etika-etika dalam berkomentar ^^
Jangan menggunakan kata-kata kasar maupun menyinggung individu ataupun kelompok,,,, OOOKKK!!! ^^