Entri Populer

Jumat, 12 Oktober 2012

Tanaman Sansevieria sp.

Wooooowwwww..... gimana ceritanya yah??? aku bisa ngeposting tentang nih tanaman. Padahal awalnya aku kurang tahu tentang kegunaan dari nih tanaman dan tak pernah terpikirkan untuk ngeposting nih tanaman....(@_@*)

Ok...! suatu hari disekolah, kami sedang membahas materi pelajaran TIK tentang K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja). Yang dimana pelajaran tersebut berisi tentang cara-cara aman menggunakan laptop maupun komputer dengan baik. (Loh, apa hubungannya yah???*)
Jadi gini, guruku memberitahukan bahwa selain adanya jarak mata, pencahayaan yang cukup, sirkulasi udara, dan kursi yang nyaman untuk menggunakan Laptop maupun Komputer dengan baik, kita juga harus menaruh tanaman didalam ruangan tempat kita biasa memainkan Laptop maupun Komputer, dan yang diminta adalah tanaman Sansevieria sp. Karena tanaman ini bisa menyerap radiasi dari Laptop maupun Komputer yang kita gunakan. Karena aku penasaran buangggeettt sama kegunaan nih tanaman lebih lanjut, aku search dehhhh.... di internet, dan hasilnyaaaaa adalah............... (ttaratt taratatttt*)

Ternyata tanaman sansevieria sp. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lidah Mertua memang dikenal sebagai tanaman anti polutan, yang bisa menyerap polusi udara dan tanah. 
Ini nieh beberapa fungsi dari tanaman sansevieria:

-Mampu bertindak sebagai pembersih udara dengan menyerap dan menetralisir polutan (racun) dari udara. Berbagai jenis racun yang mampu diserap oleh Sansevieria antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin.

- Bisa mengurangi dampak radiasi dari alat elektronik dirumah, seperti Televisi, Laptop, Komputer, dan Handphone. Ini dikarenakan mampu menyerap pancaran radiasi itu sendiri dari sumbernya. jadi, teman-teman bisa meletakkan tanaman ini didalam ruangan, lebih baik didekat alat elektronik yang memancarkan radiasi.
 
 -Karena bentuknya yang meninggi dan tumbuh bergerombol, sebagian orang menjadikan tanaman ini sebagai pagar (bisa dijadikan eksterior rumah).

-Dibeberapa negara maju Sansivieria sp. digunakan sebagai dasar pembuatan parfum. Untuk membuktikan, coba deh teman-teman duduk atau gak berdiri ajah deh pada sore hari didekat tanaman Sansevieria ini, maka teman-teman akan mencium harum dari bunga Sansever ini.(jujur, aku belum coba, nanti deh aku coba*) 
Benar-benar segar yah ??? apalagi ditaruh didalam ruangan... wuihhhhh segeeerrrr...!!!

Jadi, kamu gak perlu khawatir kalau seandainya orangtua kamu tuh ada yang ngerokok,, karena dengan adanya nih tanaman, maka bisa menyerap polutan atau racun-racun dari asap rokok yang ditimbulkan.

- Obat untuk kesehatan
Menurut hasil penulusuran saya di google (ciieehhh*), tanaman ini digunakan untuk kesehatan karena getahnya dapat digunakan sebagai obat antisepetik. Misalnya nih teman-teman waktu olahraga gak sengaja tuh jatuh, terus lecet, langsung petik jah tuh tanaman terus diolesin deh getahnya ditempat yang luka, karena dapat mempercepat proses penyembuhannya. Daunnya bisa digunakan untuk  tonik penyegar rambut dan penyakit wasir juga lohhh.... Bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala dan demam, bisa juga untuk mengobati penyakit diabetes dengan cara direbus atu dibakar. Misalnya teman-teman nih digigit ular atau serangga yang beracun, bisa gunain nih tanaman sebagai obatnya untuk ngehalau racun akibat gigitannya ular sama serangga tadi. Buahnya juga bermanfaat untuk menurunkan panas, mencegah peradangan, mengobati batu ginjal, radang tenggorokan dan peluruh urin. Akarnya juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sifilis, serta wasir.

Wahhh... banyak juga yah manfaatnya. Seluruh bagian dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat herbal. (HEBAT*)^^


Tanaman Sansever ini ternyata memiliki banyak nama loh disetiap negara,,,

 PUNYA BANYAK NAMA
1. Di Indonesia dikenal sebagai lidah mertua, ular sontak,
2. Di Inggris, lidah mertua memiliki banyak sebutan. Ada yang menamainya
century plan, pak lan, atau african devil’s, mother-law-tongues.
3. Di melayu, orang menyebutnya dengan sebutan Lidah Jin.


Sansevieria terdiri atas sekitar 70 spesies (jenis). Beberapa contoh spesies (jenis) dari Sansevieria:

1. Sansevieria Sp. (Cincau), bentuk daunnya seperti daun cincau. Daunnya keras,
tumbuh banyak, tetapi tak bisa tumbuh membesar. Paling tinggi hanya mencapai 1,5
meter.
2. S. laurentii, jenis generasi pertama yang banyak ditanam. Mudah tumbuh tinggi
dengan populasi yang cukup banyak.
3. S. cylindrical, tinggi daunnya bisa mencapai 2 meter. Bentuknya seperti jari
tangan dan tumbuh banyak, minimal 3 daun dan maksimal 10 daun. Daun dan
batangnya berbentuk semakin melebar.
4. S. kirkii, tepi daunnya bergelombang, tidak rata, bertekstur, dan warna
daunnya cokelat. Harganya masih mahal karena lamban tumbuhnya.
5. Kuku bima, bentuk daunnya kecil-kecil seperti kuku bima. Termasuk tanaman
yang tumbuh lamban dan ukurannya tak bisa lebih besar lagi. Uniknya, garis tepi
daunnya berwarna merah. Harganya masih tergolong mahal dan populasinya sedikit.
6. Tombak, daunnya tinggi seperti tombak dengan warna hijau muda.
7. Honey sticker, daunnya keriting di bagian tengah dengan semburat kuning, dan
tepi daun berwarna hijau.
8. Superball, tepi daun berwarna kuning dan tengah daunnya bermotif loreng.
9. Tiger, sesuai namanya warna daunnya memiliki bercak seperti kulit macan.
Tanaman ini banyak ditanam di pabrik-pabrik di sekitar halamannya. Dan tanaman ini juga sering sekali ditemukan disetiap halaman rumah, dipinggir jalan bahkan di manapun tanaman ini bisa kita temui. (wuihh HEBAT! @@*) Ini karena tanaman ini sangat mudah tumbuh dan perwatannyapun mudah. Tanaman ini mampu hidup di daerah yang kering bahkan di daearah tandus sekalipun.


Nah, Cara perawatan dari tanaman ini, hanya perlu disiram sekali seminggu, karena tanaman ini bisa hidup kok walaupun sedikit air, sansever termasuk tanaman yang mampu hidup di daerah yang kering bahkan di daerah tandus sekalipun.

Kalau mau ditanam, tinggal dicabut tuh anakannya, terus dipindahin lagi ke pot yang lain, tunggu beberapa minggu deh,,, pasti udah tumbuh lagi (hehehe*). Jangan lupa disiram yah...biar kelihatan seeegeerrrr...!!!(^^*)


Ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman Lidah Mertua. Ayoooo mulai tanam Sansevieria sp. dirumah kamu yah,,, atau letakkan tanaman ini didalam ruangan, agar ruangannya lebih segeeerrrr,,,,!!!
Dicoba yah................ ^^

Apalagi nih tanaman bisa juga diletakkan didalam ruangan. Di sekolah kamu juga bisa meletakkan tanaman ini di dalam Lab Komputer. Agar, ruangan didalam Lab Komputer sekolah kamu jadi seger dengan adanya Sansevieria sp.









******...........******
Wukkhhh....@@'' akhirnya selese jugag. Mudah-mudahan bisa menambah ilmu pengetahuan kita yah, tentang tanaman yang satu ini. Jangan bosan-bosan untuk searching di google mengenai hal-hal yang bisa menambah ilmu pengetahuan kita. (saya juga ngeposting ini, hasil search di google^^*).......



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan di coment yah,,,,
Tapi harus memenuhi etika-etika dalam berkomentar ^^
Jangan menggunakan kata-kata kasar maupun menyinggung individu ataupun kelompok,,,, OOOKKK!!! ^^